Skip to main content

soal dan pembahasan kejuruan


1.   Mail Server dapat diakses melalui mail client seperti aplikasi Thunderbird. Mail Server juga dapat diakses melalui Web Browser yang dinamakan dengan…
a. Roundcube
b. Webmail
c. Telnet
d. POP3
e. IМАР
Pembahasan:
a.       Roundcube adalah salah satu aplikasi webmail dengan basis IMAP. Roundcube ditulis dengan bahasa pemograman PHP. Fitur yang jadi andalan dari aplikasi webmail satu ini adalah penggunaan Ajax.
b.      Webmail adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan dan provider internet yang memungkinkan Anda untuk mengakses e-mail Anda melalui halaman Internet, bukan melalui klien e-mail seperti Microsoft Outlook.
c.       Telnet adalah suatu protokol client-server yang bisa memberikan akses remote (jarak jauh) untuk login komputer tertentu dalam sebuah jaringan. 
d.      POP3 adalah sebuah protocol internet atau jaringan yang digunakan untuk mengambil surat elektronik atau email dari server email ke dalam device atau client email yang anda miliki.
e.       IMAP adalah merupakan protokol komunikasi dua arah sebagai perubahan yang dibuat pada local mail yang dikirimkan ke server. Pada dasarnya, isi email tetap berada di server. Protokol IMAP lebih direkomendasikan oleh penyedia email seperti Gmail dibandingkan menggunakan POP3.

2.  Untuk melakukan pengujian Mail Server melalui console, dibutuhkan program aplikasi berbasis teks yang mengakses host mail server beserta portnya, yaitu telnet. Pengujian pada port 25 adalah pengujian yang dipakai untuk menguji protokol...
a. SMTP
b. РOP
c. Postfix
d. Courier
e. Roudcube
Pembahasan:
a.       Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah suatu protokol untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.
b.      POP (Post Office Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server.
c.       Postfix adalah mail transfer agent bebas dan terbuka. Postfix merupakan mail transfer agent default untuk sejumlah sistem operasi bertipe Unix. Postfix didistribusikan menggunakan Lisensi Umum IBM 1.0 yang merupakan lisensi perangkat lunak bebas tetapi tidak kompatibel dengan GPL.
d.      Courier merupakan software yang digunakan untuk mengambil email yang ada pada server mail. sotware ini akan memberikan akses pop3 dan imap, protokol ini merupakan protokol server-client yang berguna untuk mengambil email dari server mail.
e.       Roundcube adalah salah satu aplikasi webmail dengan basis IMAP. Roundcube ditulis dengan bahasa pemograman PHP. Fitur yang jadi andalan dari aplikasi webmail satu ini adalah penggunaan Ajax.

3.      Perhatikan petikan konfigurasi mail server di bawah ini:
Dalam melakukan konfigurasi Mail Server diperlukan pengaturan pada file main.cf pada Postfix. Baris yang menunjukkan bahwa email pengguna akan ditampung pada suatu foluer tertentu adalah ...
a. 1
b. 2
с. 3
d. 4
e. 5
Pembahasan:
Perintah 1: untuk perintah procmail dalam extension
Perintah 2: untuk kapasitas limitnya unlimited (0)
Perintah 3: untuk untuk pembatasnya (+)
Perintah 4: jalur internet pada interface terbuka semua
Perintah 5: bahwa email penggunaakan ditampung pada suatu folder tertentu

4.      Berbagai fasilitas untuk mengatur semua fungsi dalam server dapat dijumpai pada ..
a. Situs website
b. Server administration
c. Firewall
d. Default gateway
e. Control panel hosting
Pembahasan:
a.       Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.
b.      Administrasi Server Pada Jaringan Komputer adalah pengontrolan atau pengelolaan akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.
c.       firewall adalah suatu sistem kemanan pada jaringan komputer yang dipakai untuk melindungi komputer dari beberapa serangan dari komputer luar.
d.      Gateway adalah komputer yang memiliki minimal 2 buah network interface untuk menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih. Di Internet suatu alamat bisa ditempuh lewat gateway-gateway yang memberikan jalan/rute ke arah mana yang harus dilalui supaya paket data sampai ke tujuan. 
e.       Control panel hosting adalah tool yang akan membuat Anda dapat melakukan manajemen seluruh aspek layanan hosting. Melalui hosting control panel, Anda bisa melakukan beragam pengaturan pada sistem admin yang kompleks dengan hanya melakukan beberapa klik pada interface admin. 

5.      Untuk mengawali proses instalasi EHCP dilakukan dengan mengetikkan perintah
a. ./setup
b. ./named
c. ./install
d. /syscon.conf
e. nano
Pembahasan:
a.       ./setup: untuk mempersiapkan aplikasi yang akan diinstall
b.      ./named:untuk memberikan nama pada EHCP
c.       ./install:untuk melakukan proses instalasi
d.      ./syscon.conf:untuk membuka konfigurasi syscon
e.       nano: untuk mengedit konfigurasi

6. Dengan berlangganan account hosting pada penyedia hosting, user pada umumnya mendapatkan hal-hal sebagai berikut, kecuali
a. Hak penuh pada sumber daya server
b. Nama domain
c. Ruang disk yang bisa disi dengan data
d. Alamat/account email
e. Berinteraksi dengan pengunjung website
Pembahasan:
Dengan berlangganan account hosting pada penyedia  hosting, user pada umumnya mendapatkan hal-hal sebagai berikut :
a.  Nama domain
b.  Ruang disk yang bisa diisi dengan data
c.  Alamat email
d.  Berinteraksi dengan pengunjung website

7.     Bentuk layanan web hosting dimana sebuah akun hosting ditaruh dalam satu server yang sama dengan beberapa akun hosting lainnya guna memakai services bersama-sama bisa disebut sebagai…
a. Dedicated server
b. VPS
c. Email hosting
d. Shared hosting
e. Account server
Pembahasan:
a.       Dedicated server: Dedicated Server adalah salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah server secara penuh kepada hanya satu buah akun penyawa
b.      VPS: sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa virtual server, dimana masing – masing virtual server yang dapat diinstall OS sendiri. 
c.       Email hosting layanan penyewaan tempat di server dengan fasilitas yang di sediakan oleh penyedia atau provider yang di khususkan untuk email saja.
d.      Shared hosting: Bentuk layanan web hosting dimana sebuah akun hosting ditaruh dalam satu server yang sama dengan beberapa akun hosting lainnya guna memakai services bersama-sama bisa
e.       Account server: akun yang digunakan untuk mengakses server

8.  Control panel hosting merupakan sebuah software yang dapat diinstal pada server yang menjalankan layanan hosting seperti web, dns, email dan lain-lain. Manakah yang merupakan daftar software control panel hosting yang gratis
a. Cpanel, ISPConfig, dan Plesk
b. ISPConfig, EHCP dan Kloxo
c. EHCP, Kloxo, dan Cpanel
d. Kloxo, Cpanel, dan ISPConfig
e. Kloxo, Cpanel, dan Plesk
Pembahasan:
a.  cPanel adalah sebuah panel kontrol layanan hos web pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web
b.  Ehcp adalah control panel hosting yang pertama ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan tersedia secara gratis.
c.      Kloxo adalah salah satu server control panel gratis yang sangat mudah di gunakan.
d.     Plesk adalah sebuah Control Panel yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam memanage server. Terutama untuk kebutuhan Hosting seperti membuat Web Hosting, Email, DNS management, hingga CMS installer.
e.       ISPConfig adalah salah satu perintah pada sistem operasi Windows yang berfungsi untuk menampilkan konfigurasi IP komputer.

9.     Versi standart PHP pada Debian 9 adalah versi 7.0, hal ini akan menyebabkan File Manager pada EHCP di dapat bekerja dengan baik. Maka langkah perbaikan yang diambil adalah dengan menginstalasi…
a. PHPMyAdmin
b. PHP V 3
c. Postfix
d. PHP V 5.6
e. Putty
Pembahasan:
a.   PHPMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui website Jejaring Jagat Jembar.
b.  PHP V 3/5.6 adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum
c.      Postfix adalah mail transfer agent bebas dan terbuka. Postfix merupakan mail transfer agent default untuk sejumlah sistem operasi bertipe Unix. Postfix didistribusikan menggunakan Lisensi Umum IBM 1.0 yang merupakan lisensi perangkat lunak bebas tetapi tidak kompatibel dengan GPL.
d.   Putty adalah sebuah program open source yang dapat Anda gunakan untuk melakukan protokol jaringan SSH, Telnet dan Rlogin. Protokol ini dapat digunakan untuk menjalankan sesi remote pada sebuah komputer melalui sebuah jaringan, baik itu LAN, maupun internet.

10.  Perhatikan gambar dibawah ini adalah …

Untuk memulai pembuatan Website pada Conrol Panel Hosting EHCP, kita bisa memanfaatkan menu yang bernomor……….yang otomatis akan membuatkan nama domain, akun FTP, file manager dan email.
a. 1
b. 2
с. 3
d. 4
e. 5
Pembahasan:
a.       Add panel user  = menambahkan user datebase
b.      Easy add domain = otomatis akan membuatkan nama domain, akun FTP, file manager dan email.
c.       Add DNS hosting with panel user = bisa melakukan manajemen DNS zone dan menambahkan user database
d.      Add new FTP user = Fungsi menu ini yaitu untuk membuat beberapa FTP account.
e.       Add subdomain with FTP = Fungsi menu ini yaitu untuk membuat subdomain. Subdomain adalah cabang domain utama yang berdiri sendiri dan ditempatkan dalam sebuah sub direktori utama (public_html) dengan membuat beberapa FTP account.

11.  Sistem yang digunakan untuk menggabungkan lebih dari satu computer untuk dihubungkan ke dalam jaringan internet disebut dengan…
a. DHCP
b. DNS
c. NAT
d. NMAP
e. FIREWALL
Pembahasan:
a.      DHCP digunakan untuk memberikan alamat IP address dengan cara otomatis ke semua komputer client yang sudah tersambung dalam jaringan komputer server.
b.      DNS digunakan untuk menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
c.      NAT adalah sebuah proses pemetaan alamat IP dimana perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP private yang dapat mengakses IP public
d.      NMAP digunakan untuk meng-audit jaringan yang ada
e.      FIREWALL digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar

12.  Yang tidak termasuk kedalam jenis-jenis NAT adalah…
a. Port Address Translation
b. Dynamic NAT
c. Static NAT
d. Overlapping NAT
e. Fail Over
Pembahasan:
a.       Port Address Translation adalah memungkinkan lebih dari satu klien terhubung menuju satu IP publik, namun pada port yang berbeda
b.      Dynamic NAT adalah mendaftarkan beberapa IP komputer ke dalam satu kelompok satu kelompok dengan alamat IP terdaftar yang sama
c.       Static NAT adalah menerjemahkan 1 IP private ke 1 IP public
d.      Overlapping NAT adalah bentuk NAT yang melakukan penerjemahan dua arah, terutama jika terdapat nomor yang sama antara alamat IP publik dan lokal
e.       Fail over adalah mode operasional cadangan di mana fungsi komponen sistem (seperti prosesor , server , jaringan, atau database, misalnya) diasumsikan oleh komponen sistem sekunder ketika komponen utama menjadi tidak tersedia baik melalui kegagalan atau down time terjadwal

13.  NAT yang metode konfigurasi nya dengan menerjemahkan 1 IP Private ke 1 IP Public adalah…
a. PAT
b. NAT Static
c. NAT Dynamic
d. Overlapping NAT
e. Overloading NAT
Pembahasan”
a.      PAT memungkinkan lebih dari satu klien terhubung menuju satu IP publik, namun pada port yang berbeda
b.     NAT Static adalah menerjemahkan 1 IP private ke 1 IP public
c.      NAT Dynamic adalah mendaftarkan beberapa IP komputer ke dalam satu kelompok satu kelompok dengan alamat IP terdaftar yang sama
d.     Overlapping NAT adalah bentuk NAT yang melakukan penerjemahan dua arah, terutama jika terdapat nomor yang sama antara alamat IP publik dan lokal
e.      Overloading NAT adalah memungkinkan lebih dari satu klien terhubung menuju satu IP publik, namun pada port yang berbeda

14.  Bentuk NAT yang melakukan penerjemahan dua arah, terutama jika terdapat nmor yang sama antara alamat ip publik dan lokal adalah…
a. Overlapping NAT
b. Overloading NAT
c. SNAT
d. DNAT
e. Dynamic NAT
Pembahasan:
a.      Overlapping NAT adalah bentuk NAT yang melakukan penerjemahan dua arah, terutama jika terdapat nomor yang sama antara alamat IP publik dan local
b.     Overloading NAT adalah memungkinkan lebih dari satu klien terhubung menuju satu IP publik, namun pada port yang berbeda
c.      SNAT adalah Source NAT adalah ketika anda mengubah alamat asal dari paket pertama dengan kata lain anda merubah dari mana koneksi terjadi
d.      DNAT adalah Destination NAT adalah ketika anda mengubah alamat tujuan dari paket pertama dengan kata lain anda merubah ke mana komunikasi terjadi
e.      Dynamic NAT adalah mendaftarkan beberapa IP komputer ke dalam satu kelompok satu kelompok dengan alamat IP terdaftar yang sama

15.  Dua buah switch yang saling berhubungan antar VLAN disebut...
a.Trunking
b. Config
c. Secure Device Access
d. Segmentasi
e. Coding
Pembahasan:
a.      Trunking adalah dua buah switch yang saling berhubungan antar VLAN
b.     Config adalah suatu kegiatan yang dimana kita mengedit atau mengoptimalkan kinerja dalam suatu software
c.      Secure Device Access adalah kegiatan membagi suatu VLAN yang mempunyai banyak anggota kedalam beberapa VLAN yang berbeda
d.     Segmentasi adalah kegiatan membagi suatu VLAN yang mempunyai banyak anggota kedalam beberapa VLAN yang berbeda
e.      Coding adalah menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman computer

16. Sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila pcrangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersehut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda disebut...
a. WAN
b. WLAN
c. LAN
d. VLAN
e. MAN
Pembahasan:
a.      WAN= merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi public
b.     WLAN=  suatu jenis jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai alat atau media transmisi data. Informasi atau data ditransfer dari satu komputer ke komputer yang lainnya menggunakan gelombang radio.
c.      LAN= jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
d.     Vlan= suatu model jaringan yang membagi jaringan secara logikal ke dalam beberapa vlan yang berbeda
e.      MAN= suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya

17.  Kepanjangan dari VLAN adalah..
a. Virtual Local Arena Network
b. Virtual Local Area Network
c. Virtual Local Area National
d. Virtual Line Area Network
e. Virtual LAN Area Network
Pembahasan:
Kepanjangan dari vlan yang paling tepat yaitu virtual local area network (jaringan area lokal virtual)

18.  Kegiatan mensegmentasi VLAN bertujuan agar.
a. Menambah Collison dan Bottleneck dalam suatu jaringan.
b. Mengurangi Collison dalam suatu jaringan
c. Mengurangi Collison dan Bottleneck dalam suatu jaringan.
d. Menambah Bottleneck dalam suatu jaringan.
e. Mengurangi Bottleneck dalam suatu jaringan.
Pembahasan:
Tujuan mensegmentasi vlan yaitu mengurangi collision dan bottleneck dalam suatu jaringan

19.  Perintah untuk memberi nama pada VLAN adalah…
a. Vlan name
b. Vlan
c. Semua salah
d. Name
e. Name Vlan
Pembahasan:
Perintah untuk memberi nama vlan adalah nama VLAN

20.  Sebuah port switch yang telah dikonfigarasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut…
a. Switch
b. Subnet Mask
c. Access port
d. Access Point
e. IP
Pembahasan:
a.      Switch adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwidth yang cukup besar.
b.     subnet mask sendiri adalah untuk membedakan Network ID dengan Host ID dan menentukan alamat tujuan paket data apakah local atau remote.
c.      Access port yaitu port switch yang trlah di konfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal
d.     Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.
e.      IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet

21.  Data akun yang digunakan agar terhubung dengan IPPBX dan merupakan representasi dari sebuah user adalah…
a. Context
b. Dial plan
c. Command
d. Extension
e. Parameter
Pembahasan:
a.     Context  adalah kondisi di mana suatu keadaan terjadi.
b.    Dial plan  berguna sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX secara lokal maupun antar IP-PBX atau biasa disebut dial trunk.
c.     Command adalah perintah untuk menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu pekerjaan, perbuatan atau kegiatan.
d.   Extension adalah label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf dan simbol yan diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. 
e.     Parameter adalah tempat penyimpanan (variabel) di dalam function, yang digunakan untuk melakukan pemeberian data dari pemanggil ke dalam function.

22.  Briker merupakan IPPBX software berbasis linux yang digunakan untuk melayani VoIP. Apakah maksud dari PBX tersebut?
a. Protocol Branch Exchange
b. Private Briker Exchange
c. Private Branch Exchange
d. Private Briker Extension
e. Protocol Branch Extension
Pembahasan:
PBX merupakan singkatan dari Private Branch Exchange (Pertukaran Cabang Pribadi).

23.  Untuk mengkonfigurasi IP address server Briker digunakan perintah…
a. vim /etc/networks/interfaces
b. vi /etc/network/interfaces
c. vim /etc/network/interface
d. vi /etc/networks/interfaces
e. vi /etc/network/interface
Pembahasan:
a.  vim /etc/network/interfaces = Perintah untuk edit file bersama interfaces yang didalamnya terdapat settingan IP address
b.  vi  /etc/networks/interfaces = Perintah untuk mengkonfigurasi ip address

24.  Berikut ini merupakan keuntungan menggunakan software softswitch, kecuali…
a. Mempercepat layanan
b. Meningkatkan fleksibilitas jaringan
c. Menyederhanakan upgrade infrastruktur
d. Menyediakan operator dengan berbagai pilihan
e. Mengaktifkan upgrade infrastruktur
Pembahasan:
a.  Mempercepat layanan NGN
b. Meningkatkan fleksibilitas jaringan
c. Menyederhanakan upgrade infrastruktur
d. Menyediakan operator dengan berbagai pilihan
e. Mendukung proses migrasi dari PSTN ke jaringan data secara mulus, sehingga mengurangi rugi-rugi yang dapat ditimbulkan akibat proses migrasi tersebut

25.  Merupakan bagian jaringan yang menyediakan dan mengeksekusi satu atau beberapa aplikasi layanan di dalam jaringan softswitch adalah definisi dari…
a. Service plane
b. Transport plane
c. Manajemen plane
d. Call Control Plane
e. Signalling Plane
Pembahasan:
a.Service plan = bagian jaringan yang menyediakan dan mengeksekusi satu atau beberapa aplikasi layanan di dalam jaringan softswitch.
b.Transport plane = bertanggung jawab untuk pengiriman pesan antarjaringan VoIP. pesan ini bisa berupa call signalling, call, dan media setup.
c.Management plane = menangani fungsi seperti berlangganan dan ketetapan jasa/layanan, dukungan operasional, penagihan, dan tugas manajemen jaringan lainnya, seperti informasi biling.
d.Call control and signalling plane mengontrol elemen utama pada jaringan VoIP, khususnya pada transport plane

26.  Contoh aplikasi yang digunakan untuk membuat server VolP adalah…
a. Asteway
b. Asteroid
c. Asterisk
d. Asteriks
e. Astesirk
Pembahasan:
Software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet adalah Asterisk.

27.  Yang bukan merupakan arsitektur fungsi softswitch adalah…
a. Service & application plane
b. Transport plane
c. Call control & signalling plane
d. Firewall
e. Management plane
Pembahasan:
Arsitektur fungsi softswitch :
a. Mangement plane
b. Service and application plane
c.Call control and signalling plane
d.Transport plane

28.  Perintah dalam SIP yang berfungsi untuk menghentikan hubungan antaga pengguna adalah…
a. CLOSE
b. END
c. STOP
d. CANCEL
e. BYE
Pembahasan:
a.       CLOSE => tidak ada dalam perintah SIP
b.      END => tidak ada dalam perintah SIP
c.       STOP => tidak ada dalam perintah SIP
d.      CANCEL => perintah untuk menghentikan permintaan atau mencari permintaan untuk seorang pengguna
e.       BYE => perintah untuk menghentikan hubungan antara pengguna

29.  Berikut ini merupakan codec audio yang direkomendasikan oleh ITU_T codec, kecuali…
a. G.737
b. G.729
c. G.728
d. G.723
e. G.711
Pembahasan:
Codec audio yang direkomendasikan oleh ITU-T adalah G.729 , G.728 , G.723 , G.711

30.  Media Gateway Control Protocol lebih sering digunakan untuk mengontrol…
a. Call barring
b. Titik komunikasi di VoIP
c. Call message
d. Call waiting
e. Call saving
Pembahasan:
      Media Gateway Control Protocol lebih sering digunakan untuk mengontrol titik komunikasi di VoIP, Call Barring adalah pembatasan panggilan, Call message adalah panggilan pesan, call waiting adalah pelayanan panggilan dan call saving adalah penghematan panggilan. 

Comments

Popular posts from this blog

DNS Server

DNS SERVER 1.Pengertian DNS Server. Domain Name System (DNS) Adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet sererti Web Browser atau e-mail, Dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. Selain digunakan di internet DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau internet. 2.Prinsip kerja DNS Prinsip kerja DNS adalah dengan pendelegasian setiap name server. Setiap name server mengikuti hierarki penamaan DNS tersebut. Misalnya, untuk alamat  station.arc.itb.ac.id  , kurang lebih langkah yang dilakukan adalah seperti ini, Diperlukan nameserver, untuk root server, top level domain (.id), name server academic (. ac.id ), name server itb(. itb.ac.id ) dan name server arc (. arc.itb.ac.id ). Untuk mene

CARA INSTALASI DEBIAN PADA VMWARE WORKSTATION

INSTALASI DEBIAN 8 BERBASIS CLI MENGGUNAKAN VMWARE Posted on  August,1 2018 1.Buka applikasi vmware lalu pilih installer disc image file(iso) lalu pilih iso debian 8 2.Pilih linux kemudia pilih version debian 6 walaupun kita menginstall debian 8 3.Disini saya membuat hardisknya sebesar 8 GB . 4.Lalu kita akan masuk kemenu seperti gambar dibawah ini 5.Lalu pemilihan bahasa pilih bahasa indonesia 6.Lanjut instalasi dengan bahasa yang dipilih 7.Negara ,Kawasan atau daerah 8.Peta tombol yang dipakai 9.Membuat nama host 10.Membuat nama domain 11.Memasukan kata sandi root 12.Verifikasi kata sandi root 13.Memasukan nama pengguna baru 14.Memasukan nama untuk akun anda 15.Kata sandi pengguna baru 16.Mengatur zona waktu  17.Membagi partisi hardisk secara manual 18.Selesai mempartisi pardisk dan tulis perubahan ke hardisk 19.Tulis perubahan ke hardisk  20.Pindai CD/DVD lainya “tidak” 21.Gunakan suatu jaringan miror “